Minggu, 21 Juli 2013

SDN Dander II Adakan sosialisasi Kurikulum 2013



Menyambut penerapan kurikulum 2013 SDN Dander II mengadakan sosialisasi tentang kurukulum 2013 yang akan dimulai pada awal tahun pelajaran 2013/2014 pada kelas 1 dan 3. Sosialisasi  diselenggarakan pada hari Jumat, 19 Juli 2013. Hadir dalam sosialisasi tersebut adalah semua wali murid kelas 1 dan 3, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Dander Drs. Paemo Sayogo, M.Pd. Penagawas TK/SD Mugiharto, S.Pd, M.Pd, serta anggota Komite SDN Dander II.
Dalam sambutannya Kepala SDN Dander II, Heny Sri Primurdianingsih, M.Pd antara lain menyampaikan bahwa  SDN Dander II  merupakan salah satu dari 14 lembaga sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bojonegoro yang pada tahun pelajaran baru ini ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan menerapkan kurikulum 2013.
Adapun Sekolah Dasar di Bojonegoro yang menerapkan Kurikulum 2013 :

1.             SD Dander 2, Kecamatan Dander,
2.             SD Klangon 1, Kecamatan Kota Bojonegoro.
3.             SD Belun, Kecamatan Temayang,
4.             SD Prambatan, Kecamatan Balen,
5.             SD Sumberejo 1, Kecamatan Sumberejo,
6.             SD Kadipaten 1, Kecamatan Kota,
7.             SD Kepatihan, Kecamatan Kota,
8.             SD Santopaulus, Kecamatan Kota,
9.             SD Panjunan 2, Kalitidu,
10.        SD Tapelan, Kecamatan Kapas,
11.        SD Tanjung Harjo, Kecamatan Kapas,
12.        SD Sukowati, Kecamatan Kapas,
13.        SD Kalirejo, Kecamatan Ngraho,
14.        SD Campurejo, Kecamatan Kota.

Dalam penerapan kurikulum baru ini kepala sekolah dan lima orang guru SDN Dander II telah mendapatkan pembekalan berupa pendidikan dan pelatihan kurikulum 2013 di kota Batu dan Pasuruan.
Untuk menunjang kelancaran penerapan kurikulum 2013 pemerintah akan memberikan buku materi ajar setiap semester 4 buah buku kepada para peserta didik kelas 1 dan kelas 3. Oleh sebab itu tugas wali murid dalam membantu kelancaran program pemerintah ini adalah membantu para putra di rumah untuk mengadakan diskusi dan membantu putranya di rumah.
Pengawas TK/SD dalam sambutannya antara lain menyampaikan, Ada empat standar dalam kurikulum yang mengalami perubahan, meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian. Arah kurikulum 2013 adalah peningkatan kompetensi yang seimbang antara sikap (attitude), ketrampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Kompetensi ini didukung 4 pilar yaitu : produktif, kreatif, inovatif, dan afektif.
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar